Unit Produksi

08:33, 28 Apr 2016 oleh: Admin

      Tujuan  pengoperasian  unit  produksi  ini  adalah  mengolah  air  baku dengan debit yang sudah direncanakan, sampai menjadi air minum yang memenuhi syarat kualitas yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan No. 907 tahun 2002, yang telah diperbaharu dengan Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor: 492/MENKES/PER/IV/2010, tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.
Pengoperasian  ini  meliputi  Unit  Air  Baku/Bangunan  Intake,  Unit Produksi, Unit Distribusi, dan Unit Pelayanan. Setiap penyelenggara SPAM wajib memiliki gambar nyata pelaksanaan (as  built  drawing),  gambar  sistem  keseluruhan,  dan  manual  operasi pemeliharaan (SOP).
Pelaksanaan  pengoperasian  bangunan  penunjang  dan alat  peralatan kelengkapan  meliputi  pengoperasian  kantor,  ruang  operator,  ruang pompa, ruang kimia, gudang kimia, bengkel penunjang, serta bangunanbangunan  yang  mendukung  proses  pengolahan  yang  terjadi  di sedimentasi, filter, reservoir, dan ruang pompa
Sistem pengaliran mulai dari sumber air baku ke unit-unit produksi sampai ke daerah pelayanan pelanggan diselenggarakan oleh PDAM Kab. Luwu secara gravitasi.  Secara keseluruhan kapasitas produksi terpasang yang dikelola oleh PDAM saat ini adalah sebagai berikut:
1.    IKK  Bajo
-    IPA I – Paket, kapsitas 20 l/det, dan pada musim hujan unit produksi ini tetap mampu mengolah air dari sungai Salumbu, meskipun air dari sumber/inter berkurang akibat terhalang oleh materian batu dan pasir, serta tingkat kekeruhannya meningkatkan cukup tinggi.
-    IPA II – Paket, kapsitas 20 l/det, dan pada musim hujan unit produksi ini tetap mampu mengolah air dari sungai Kompi, meskipun air dari sumber/inter berkurang akibat terhalang oleh materian batu dan pasir, serta tingkat kekeruhannya meningkatkan cukup tinggi.

2.    IKK Larompong
-    IPA III – Paket, kapsitas 20 l/det, dan pada musim hujan unit produksi ini tetap mampu mengolah air dari sungai Larompong, meskipun tingkat kekeruhannya meningkatkan cukup tinggi.

3.    IKK Padang Sappa
- IPA IV - Paket, kapsitas 20 l/det, dan pada musim hujan unit produksi ini tetap mampu mengolah air dari sungai Tampa, meskipun tingkat kekeruhannya meningkatkan cukup tinggi.

4.    IKK Bua
- IPA V – Paket, kapsitas 10 l/det, dan pada musim hujan unit produksi ini tetap mampu mengolah air dari sungai Pakalolo, meskipun tingkat kekeruhannya meningkatkan cukup tinggi.

5.    IKK Batusitanduk
-  IPA VI – Paket, kapsitas 20 l/det, dan pada musim hujan unit produksi ini tetap mampu mengolah air dari sungai Makawa, meskipun tingkat kekeruhannya meningkatkan cukup tinggi.

Unit produksi yang dikelola oleh PDAM Kabupaten Luwu seluruhnya memiliki kapasitas terpasang sebesar 110 l/det, namun kapasitas operasional rata-rata hanya sekitar 100 l/det.
Produksi air minum menurut pencapai standar 3K (kualitas, kuantitas, dan kontinuitas belum dapat memberikan jaminan sebagaimana peraturan yang berlaku.
Berdasarkan hasil pemeriksaan air yang dilakukan secara berkala menunjukkan bahwa air baku cukup memenuhi persyaratan kesehatan
Secara keseluruhan sumber-sumber air baku yang digunakan oleh PDAM Kab. Luwu memiliki karakteristik pada musim hujan tingkat kekeruhannya cukup tinggi.

 

PERUBAHAN BIAYA AMINISTRASI PDAM KAB. LUWU

04 Oktober 2017

Diberitahukan kepada segenap Pelanggan bahwa PDAM Kab. Luwu akan melakukan penyesuaian tarif Biaya Pemeliharaan dan Jasa Administrasi yang semula sebesar ...

JASA PENGANTARAN REKENING AIR

08 Mei 2017

PDAM Kab. Luwu memberikan kemudahan pembayaran rekening air lewat jasa pengantaran rekening air dengan cara : 1. Ketik REG(spasi)Nomor Pelanggan ...

UJI COBA WEBSITE PDAM KAB. LUWU

08 Maret 2017

Kami sebagai pengelola website PDAM Kab. Luwu dalam kesempatan ini memberitahukan kepada segenap pelanggan bahwa INFORMASI TAGIHAN belum bisa dijadikan ...